Praktisnya Make Expanding File

Friday, February 7, 2014

Ini tulisan yang penting ngga penting sih ya. Mungkin orang lain udah banyak yang pake, tapi saya baru kenal nih sama perlengkapan yang satu ini, hehehe.. Namanya expanding file. Mirip sama clear book biasa tapi bisa lebih rapi pake ini soalnya sekat-sekat antar tempat penyimpanan dokumennya lebih kaku dan ada tab-tabnya dimana kita bisa nyelipin kertas kecil buat nulis klasifikasi dokumen yang kita simpen. Inilah yang menurut saya bikin praktis soalnya kita bisa menyimpan dokumennya per jenis dokumen, dikasih label ditabnya, sehingga ketika mau nyari dokumen tertentu jadi ngga pake lama tinggal liat labelnya aja.

Expanding file tersedia dalam berbagai macam ukuran, tapi yang paling banyak tersedia di toko-toko buku itu ukuran A4 sama Folio. Saya pilih yang ukuran Folio soalnya biar lebih memadai, buat nyimpan dokumen dalam ukuran A4 juga muat. Sedangkan kalo kita pilih yang ukuran A4, ketika ada dokumen yang ukurannya Folio jadi ngga muat. Jumlah "kamar" dokumen juga macem-macem, ada yang 6 kamar, 12, 20 sampe 24 "kamar". Tentunya semakin banyak jumlah kamar dokumennya makin mahal harganya. Sebagai contoh, expanding file milik saya terdiri dari 12 kamar dokumen harganya Rp42.000,00 di toko buku G*amedia. Warna yang tersedia banyak, ada juga warna-warna yang unyu-unyu kayak soft pink transparan atau motif bunga-bunga, polkadot. Kalo saya pilih yang warna ungu tua, soalnya warna favorit. Sebenernya mupeng juga yang unyu-unyu, tapi sayang belinya soalnya harganya lebih mahal, sekitar 60-70ribu XD.

Tutup dan kuncian expanding file juga macem-macem. Ada yang bentuknya mirip dompet dengan kuncian kancing klik, ada yang kunciannya (aduh gimana ya mendiskripsikannya?) model diselipin gitu. Kalo punya saya tutupnya sebesar Folio, kunciannya saya pilih yang pake karet di sudut kanan sama kiri bawah. Menurut saya model tutup dan kuncian itu paling kuat sekalipun dalam kondisi ekstra penuh.

Penampakan expanding file terbuka

Label-label udah disediakan tinggal kita tulis aja pake spidol atau pulpen.

Tab-tab untuk menyelipkan label.

Penampakan tertutup, itu yang di sudut-sudut karet untuk ngunci expanding filenya.




0 comments:

 

Blogroll

Blogger news

Total Pageviews

Copyright 2010 My First Step.... All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates - Home Recordings - Studio Rekaman